twitter

Kamis, 13 Juli 2017

Selamat Datang Mahasiswa Baru Akpar Majapahit Tahun Akademik 2017/2018

Selamat Datang Mahasiswa Baru Akpar Majapahit 2017/20188



164 Mahasiswa Baru Sukseskan Kegiatan Masa Orientasi Mahasiswa (MOM) di Gedung Graha Tristar




SEBANYAK 164 orang mahasiswa baru (maba) Akpar Majapahit menyemarakkan program Masa Orientasi Mahasiswa (MOM) Akpar Majapahit 2017/2018 yang dihelat di lobi Kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya pada Jumat (07/07/2017).

Peserta MOM antusias mendengarkan pencerahan langsung dari Asisten Direktur I Bidang Pendidikan Hedy W. Saleh SH, MBA, MSi.Par., Asisten Direktur II Bidang Keuangan dan Umum Otje H. Wibowo SE, M.Par dan Asisten Direktur III Bidang Kemahasiswaan Maftucha, Dipl.Hot. SE, M.Par.



Acara MOM akhir pekan lalu itu juga dihadiri Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R Paulus Soetrisno M.Par, Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Dewi Marianah M.Par, Kaprodi Konsentrasi Keahlian F&B Product Imania Ayu Wulandari S.St.Par., Kabag Humas Hendrik Adrianus SE. M.Par., Kabag Bursa Kerja Hardhita Kusdharyanto M.Par., Kabag Administrasi Akademik (BAAK) Bambang Sutrisno ST.Par dan Kabag Perpustakaan Soehardi Irawan AMd.Perpustakaan.



Kepanitiaan MOM Akpar Majapahit 2017/2018 itu juga didukung oleh anggota Senat Mahasiswa Akpar Majapahit sebanyak 15-an orang. Ketua MOM kali ini dipercayakan kepada Nining Febriani Lay. Kepanitiaan MOM ini juga didukung penuh oleh Ketua Senat Mahasiswa Akpar Majapahit Yori Yonathan Cipta dan Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Akpar Majapahit Ryan Halim.



Mereka yang duduk dalam kepanitiaan adalah sejumlah mahasiswa senior dari prodi D3 Perhotelan Reguler, D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Reguler, D3 Perhotelan Konsentrasi Culinary dan D3 Perhotelan Konsentrasi Pastry (Patisserie) yang aktif dalam kepengurusan dan keanggotaan senat mahasiswa Akpar Majapahit.



Dalam kesempatan itu, Asisten Direktur I Akpar Majapahit Hedy W. Saleh MBA, MSi.Par. antara lain menjelaskan profil kampus kepada mahasiswa baru (maba). Akpar Majapahit adalah sebuah lembaga pendidikan formal resmi yang memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan Diploma III untuk program studi (prodi) Perhotelan dan prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW).



Mengawali penyelenggaraan pendidikan sejak 2002, Akpar Majapahit telah mengalami dinamika proses pengajaran dengan berbagai kondisi dan pengalaman, yang semua itu telah dijadikan dasar evaluasi lembaga untuk tetap bertekad mengembangkan dan meningkatkan kualitas pengajarannya.



”Berkat dorongan dan dukungan dari seluruh jajaran manajemen, civitas akademika dan alumnus serta ijin dari Allah SWT, sejak 2010 Akpar Majapahit telah mengubah performa lembaga melalui penyiapan sarana gedung kampus pusat di Graha Surya Jl. Gajah Mada Mojosari dan Laboratorium Praktik sebagai kampus dua dengan segala fasilitasnya yang beralamat di Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya,” kata Hedy W. Saleh di dampingi Asisten Direktur II Otje H Wibowo dan Asisten Direktur III Mafthucha.



Di samping itu juga telah dilakukan penyempurnaan kurikulum yang berbasis standar kompetensi yang diajarkan oleh tenaga-tenaga dosen linier sekolah tinggi pariwisata tingkat D4 dan S2, bahkan ada diantaranya yang berpredikat assessor nasional untuk uji kompetensi dan akreditasi lembaga.



Rancangan sarana dan kurikulum pendidikan serta penerapan model pembelajaran Learning by Doing and Being dimaksudkan untuk lebih mempercepat tercapainya out put  lulusan  yang memiliki kualitas pintar, terampil, cekatan, inovatif dan berkepribadian baik sebagai tenaga kerja maupun sebagai entrepreneur bidang pariwisata, khususnya dalam menjawab tantangan globalisasi termasuk  Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).



Sedangkan Asisten Direktur Bidang Keuangan dan Umum Otje H. Wibowo SE, M.Par antara lain menerangkan tentang visi, misi dan motto Akpar Majapahit. Visi Akpar Majapahit menjadi lembaga pendidikan pariwisata terdepan dalam meciptakan sumber daya manusia pariwisata yang profesional, berbudaya dan berskala global.



Sementara itu,  Misi Akpar Majapahit yakni: (1). Mengembangkan kualitas dan kuantitas kurikulum pendidikan dan tenaga pengajar, (2). Mengembangkan dan meningkatkan mutu sarana pendidikan, (3). Memacu tingkat kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam pengembangan kemampuan karier, (4). Mendekatkan dan mensinergikan civitas akademika dengan dunia usaha pariwisata, serta (5). Muwujudkan pengembangan ilmu pengetahuan bagi pengabdian masyarakat.



Sementara itu, motto Akpar Majapahit mengedepankan pentingnya aspek: Learning by Doing and Being. Hal ini dimaksudkan untuk lebih mempercepat tercapainya out put lulusan yang memiliki kualitas pintar, terampil, cekatan, inovatif dan berkepribadian baik sebagai tenaga kerja maupun sebagai entrepreneur bidang pariwisata.



Asisten Direktur III Bidang Kemahasiswaan Akpar Majapahit Mafthucha Dipl.Hot., M.Par., menambahkan, lembaga pendidikan tinggi ini juga menerapkan model pembelajaran Learning by Doing and Being.



”Artinya pemberian teori dan pengetahuan langsung diikuti dengan pengenalan faktual sarana dan prasarana operasional dalam praktik langsung serta mendekatkan serta menyatukan mahasiswa dengan dunia industri pariwisata selama masa perkuliahan,” kata bu Ucha, sapaan karib Mafthucha di hadapan peserta MOM, Jumat (07/07/2017).



Selain mendengarkan penjelasan dati tiga Asisten Direktur, maba juga mendapat pencerahan seputar kondisi kamtibmas di Surabaya, khususnya kawasan Jemursari dan Tenggilis Mejoyo oleh Kabid Humas Polsekta Tenggilis Mejoyo Aiptu Agus Budi Utomo.



Sedangkan Dewa Ayu Kade Utami Dewi, mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Semester IV diberi kesempatan tampil untuk menjelaskan tentang keberadaan Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) Jatim di hadapan maba Akpar Majapahit di lobi Gedung Graha Tristar.



Keberadaan HMPI yang anggotanya berasal dari kalangan mahasiswa jurusan Prodi Perhotelan dan Pariwisata dari sejumlah lembaga pendidikan tinggi di Jatim semakin diperhitungkan kiprahnya sebagai mitra pemerintah dalam menggerakkan industri kepariwisataan di Tanah Air demi suksesnya program Wonderful Indonesia (Pesona Indonesia).



Acara MOM dipungkasi dengan kuliah umum tentang trend industri pariwisata dan perhotelan saat ini, yang dipaparkan oleh General Manager Luminor Hotel Susianto, sebagai nara sumber. Luminor Hotel merupakan hotel bintang tiga yang beroperasi di Jl Raya Jemursari.



Kedekatan Akpar Majapahit dengan pihak manajemen Luminor Hotel sudah terjalin sejak beberapa tahun terakhir. Saat ini terdapat sejumlah mahasiswa Akpar Majapahit yang mengikuti on the job training (OJT) di hotel berbintang tersebut.



Sebelum maba mengikuti agenda tour kampus dengan di dampingi seniornya yang terbagi dalam beberapa kelompok, mereka juga dikenalkan nama-nama panitia MOM Akpar Majapahit 2017/2018 dan mendengarkan penjelasan panitia MOM terkait kelengkapan yang harus dibawa oleh maba untuk menyukseskan acara outbound training di PPLH Seloliman, Trawas, pada 8-9 Juli 2017.



Outbound training di PPLH Seloliman, Tawas, Kabupaten Mojokerto yang diikuti sekitar 164-an maba ini merupakan bagian dari implementasi program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2017/2018 yang dihelat pihak Akademik.



Selamat datang mahasiswa baru Akpar Majapahit. Anda sekarang menjadi bagian dari Civitas Akademika Akpar Majapahit yang berkampus di Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25. (ahn)

Tristar Institute....  "Be a Professional Chef"

-Tristar Institute -
School of Culinary - Baking Pastry Art, Food Technology, Hospitality, Cruise, D3 Hotel & S1 Food Technology.

Tristar Institute:

*Tristar Institute Bogor
Jln. Raya Tajur No 33, Bogor
Telp: 0251-8574434, 081217929008 PIN: 53B4EFD8
082231372022 PIN: 2A6A1F4E.

*Tristar Institute BSD
Jln. Pahlawan Seribu - Raya Serpong Ruko BSD Sektor 7 / Blok RL 31-33
Telp: 021-5380668, 081232539310. PIN: D34223AE.

*Tristar Institute Kota Wisata Batu
Jln. Bukit Berbunga 10 Batu
Telp: 0341-3061525, 081232539310 PIN: D34223AE.

*Tristar Institute Kaliwaron
Jln. Raya Kaliwaron 58 - 60 Surabaya Telp: 031 5999593, 082230059993. 08585895799993.
Pin: 5BOD4B28. 595410A.

*Tristar Institute Surabaya
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya Telp: 031-8480821-22. 081357866283. 0812 3163 6380. PIN: D369634B, D30D351C

Tristar Institute memberikan ruang belajar bagi Anda yang ingin menjadi profesional chef.... Come & join us !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar