twitter

Sabtu, 22 Oktober 2016

Mahasiswa Advanced Culinary Class Ujian Praktik Membuat Kreasi Masakan ”Indonesian Healthy Food”

MAHASISWA D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Advanced Culinary Class, ujian praktik membuat kreasi menu masakan Indonesian Healthy Food yang bercitarasa tinggi di Dapur Praktik Culinary Jl. Raya Prapen Indah J-5 Surabaya --satu kompleks dengan Kampus Akpar Majapahit Jl. Jemursari No. 244 Surabaya—pada Jumat (14/10/2015).

Kali ini ada empat mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit yang maju ujian. Mereka adalah Charolin Johannes, Angelina Xaveria Sandra Dewi, Yori Yonathan Cipta, dan Fandy Indra.

Sebelum maju ujian praktik masak berbasis kompetensi profesi culinary yang mengacu pada standar industri, mahasiswa selama empat hari dibekali dengan pengetahuan dan praktik membuat empat resep masakanIndonesian Healthy Food oleh chef Nadya Ratri S.Pd., M.Kes di Laboratorium Praktik Culinary Lantai 3 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Pada hari Senin (10/10/2016), mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit masak nasi merah, kakap bumbu woku, kacang panjang cabai bawang dan sate pentul tahu.Sedangkan pada hari kedua, Selasa (11/10/2016), mahasiswa diajarkan masak nasi putih, sambal goreng telur, oseng labu siam dan bola-bola tempe.

Selanjutnya praktik masak pada hari ketiga, Rabu (12/10/2016), mahasiswa belajar masak nasi merah, udang cabai hijau, sayur terong pedas dan pepes tahu. Sementara iu pada tatap muka hari terakhir, Kamis (13/10/2016), mahasiswa praktik masak nasi putih, ayam bumbu serai, tumis paria udang dan sate tempe.

Nah, dengan bekal praktik masakan aneka menu Indonesian Healthy Food yang telah diajarkan chef Nadya Ratri, mahasiswa sekarang ditantang membuat kreasi masakan sendiri yang telah diuji pada akhir pekan lalu.

Charolin Johannes, misalnya, dalam ujian pekan lalu, membuat resep masakan andalannya yakni nasi liwet (resep khas Sunda), ayam bakar taliwang dan plecing kangkung (dua resep masakan dari Lombok).  

”Dengan memadukan tiga resep masakan warisan leluhur itu, saya optimistis dalam ujian masak Indonesian Healthy Foodkali ini hasilnya tidak mengecewakan,” kata cece Lin, sapaan akrab Charolin Johannes, kepada kru www.culinarynews.info, di sela ujian praktik masak di Dapur Culinary J-5, Jumat (14/10/2016) siang.

Senada dengan Charolin, Angelina Xaveria Sandra Dewi, Fandy Indra dan Yori Yonathan Cipta juga tampil all out demi meraih nilai maksimal dalam ujian  membuat masakanIndonesian Healthy Food di hadapan chef Nadya Ratri.

Dalam ujian praktik kali ini, Xave, sapaan akrab Angelina Xaveria Sandra Dewi, membuat nasi jagung, bunthil dari daun singkong dan sayur jantung pisang. Sedangkan Fandy Indra menyodor masakan kesukaannya yakni nasi uduk, ayam lodho pedas dan urap-urap daun singkong.

Tidak mau kalah dengan tiga rekannya yang lain, Yori Yonathan Cipta, yang akrab disapa Yori, mengajukan kreasi resep masakan Indonesian Healthy Food yang menjadi unggulannya yaitu nasi putih, empal gepuk dan pepes jamur.

Menurut chef Nadya Ratri, dalam ujian praktik masakIndonesian Healthy Food pekan lalu, pihaknya memberikanwaktu mulai pukul 09.00-12.00 atau sekitar tiga jam sejak persiapan bahan, memasak hingga bagaimana penyajian masakan itu di hadapan dosen penguji.

Ada empat aspek penilaian yang kami tekankan dalam ujian praktik masak kali ini, yakni tekstur, citarasa, penampilan dan kebersihan. Penilaian ini mengacu pada standar industri perhotelan,” terang chef Nadya.

Secara umum hasil kerja keras mahasiswa Advanced Culinary Class dalam membuat masakan hasil kreasi mereka sendiri layak diapresiasi terutama dari aspek penampilan. Ini merupakan cara untuk membiasakan mahasiswa mengasah kreativitasnya dengan membuat resep masakan sesuai apa yang telah diajarkan di kelas.

”Soal citarasanya pun semua masakan yang dibuat mahasiswa enak rasanya, hanya saja  dari aspek tekstur dan tampilanrnya, masih ada yang perlu ditingkatkan lagi agar mendekati sempurna,” pungkas dosen yang selalu tampil cantik dengan hijabnya tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut terkait program baru  Advanced Culinary Class di Kampus Akpar MajapahitJl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungiTelp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, BB 2AICE131, 25D164CF, 53B4EFD8, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar