twitter

Selasa, 17 Mei 2016

Mahasiswa D3 Akpar Majapahit Warnai Kesuksesan Acara Travex MTF 2016

Travel Exchange MTF Dihelat di Hotel Bumi Resort Surabaya

Mahasiswa D3 Akpar Majapahit Warnai Kesuksesan Acara Travel Exchange Majapahit Travel Fair (MTF) 2016 (Naskah ke-1, dari Dua Tulisan)
GELARAN acara Majapahit Travel Fair (MTF) ke-17 Tahun 2016 selama empat hari mulai 14-17 April 2016 di Grand City Surabaya yang mengusung tema ”East Java Marine Tourism. The Hidden of Paradise,” baru saja berakhir. Penyelenggaraan MTF 2016 menguatkan posisi destinasi wisata Jawa Timur semakin dikenal di dalam maupun luar negeri.





Kegiatan yang digelar rutin setiap tahunnya ini menjadi bukti bahwa dunia pariwisata di Jatim tak pernah ada matinya, bahkan semakin bertambah seiring banyaknya tempat-tempat menarik yang tersebar di berbagai daerah. Ke depannya, Jatim akan masuk menjadi empat besar daerah yang dikenal sebagai pariwisata ternama di Indonesia setelah Bali, DKI Jakarta dan Kepulauan Riau (Kepri).

Pameran tahunan pariwisata terbesar di Jatim dan Indonesia Timur yang dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kamis (14/04/2016) malam itu juga menghasilkan catatan positif khususnya bagi 28 mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW)  Akpar Majapahit Surabaya yang dilibatkan dalam acara Travel Exchange (Travel) MTF 2016.

28 orang mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit yang saat ini duduk di Semester II, IV dan VI in charge (dilibatkan) dalam gelaran acara Travel Exchange (Travex) di ajang Majapahit Travel Fair (MTF) ke-17 Tahun 2016 di Hotel Bumi Resort Surabaya, tanggal 13-16 April 2016.

11 mahasiswa Semester VI itu adalah Glorian Mandagie, Endang Setyawati, Nadia Cyrilla Sari, Anis Roliana Putri, Nimas Oktavianti, Agna Bella Monica, Ajeng Astamay, Nadya Shufriyah, Nur Alfiyah Siregar, Reyvaldo Soehandono dan Rizki Rahmanda, sedangkan lima mahasiswa Semester IV adalah Daniel Endra, Maily Chandra,  Munifah Bawazier, Dwita Puspa dan Yolanda Afitsa.

Sementara itu 12 mahasiswa Semester II adalah Anita Permatasari, Eka Yuliany Kurniawati, Olga Claudia, Nikita Kinanthi, Diza Faiqotus, Sarah Ferina, Adinda Anastasia, Ryo Stanley, Rocky Alexander, Sari Julianti Ningrum, Dewa Ayu Kade Utami Dewi dan Andi Ira Issah.

Pelajaran pertama yang bisa dipetik adalah saat persiapan tiga hari jelang digelarnya Travex MTF di Hotel Bumi Resort Surabaya pada Kamis (14/04/2016) yang diikuti 115 travel agent (operator) dari 15 negara. Mereka bertindak sebagai buyer, sedangkan 80 seller-nya adalah pengelola restoran, pengelola objek wisata, kalangan hotel, perusahaan transportasi dari Jatim dan daerah lain di Indonesia.

Tak salah jika selama dua hari berturut-turut, yakni pada Senin (11/04/2016) dan Selasa (12/04/2016), 28 mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit  mendapatkan pembekalan sekaligus pembagian tugas (job description) selama dua jam lebih dari Drs Gatot Harjoso, dosen luar biasa Akpar Majapahit, di lantai 4 Gedung Graha Tristar.

Keesokan harinya, Gatot Harjoso bersama  timnya yakni Odji, Ambar dan Henny Octarini kembali mem-briefing mahasiswa untuk prepare sejak H-1 (Rabu, 13/04/2016) acara Travex MTF 2016 hingga Sabtu (16/04/2016), sesuai job-nya masing-masing.

Untuk memuluskan persiapan tersebut, PT Sagem Panca Pratama (SPP) yang di[percaya sebagai event organizer (EO) acara Travex MTF 2016 di Hotel Bumi Resort Surabaya, melibatkan dua orang guide professional yakni Rizal dan Benny.

Pelajaran kedua adalah saat penjemputan delegasi tamu di Bandara International Juanda, kemudian mengantarkannya ke Hotel pada H-1 gelaran Travex MTF 2016. Maka tidak salah jika dua orang guide professional yang disiapkan pihak panitia yakni Benny dan Rizal tersebut mendapat tugas untuk mengawal mahasiswa Akpar Majapahit di Terminal 1 dan 2 Bandara International Juanda.

Benny mendampingi Sarah Ferina (mahasiswa UPW Akpar Majapahit) menjemput tamu di Terminal 1 Bandara International Juanda, sedangkan Rizal mendampingi Nimas Oktavianti (mahasiswa Akpar Majapahit) menjemput tamu di Terminal 2 Bandara International Juanda, pada Rabu (13/04/2016).

Sementara itu, tiga mahasiswa lain yakni Sari Julianti Ningrum (bus pariwisata), Olga Claudia (bus mini)  dan Nur Alfiyah Siregar (bus mini), ditugaskan sebagai runner yang melayani dan mengantarkan delegasi tamu Travex dari Airport-Hotel-Airport. 

Untuk kegiatan antar jemput dari ke hotel, panitia selain menyediakan bus pariwisata berkapasitas 25 dan 40 seat juga menyediakan bus mini sekelas Hi-ace atau Elf full AC yang berkapasitas 15-an tempat duduk. Jika selama acara penjemputan tamu di Terminal 2 Bandara Juanda ternyata melebihi batas waktu 06.00-24.00 atau tamu datang kemalaman, maka panitia menyediakan taksi bandara untuk mengantar tamu Travex MTF 2016 ke Hotel Bumi Resort Surabaya.

Sementara itu, delapan mahasiwa Akpar Majapahit stand by di Hotel Bumi Resort Surabaya. Mereka adalah Glorian Mandagie, Nadia Cyrilla Sari, Endang Setyawati, Ajeng Astamay, Rocky Alexander, Yolanda Afitsa, Munifah Bawazier dan Daniel Endra.

Delapan mahasiswa itu selain punya job sebagai petugas antar jemput tamu dari hotel tempat acara Travex ke hotel tempat tamu diinapkan panitia, juga menjadi marshal pada saat hari H gelaran acara Travex MTF di Hotel Bumi Resort Surabaya, Rabu (13/04/2016).

Khusus untuk antar jemput tamu di luar Hotel Bumi Resort Surabaya karena ada tamu yang menginap di delapan hotel lain yakni Mercure Grand Mirama Hotel, Hotel Bisanta, Sheraton Hotel, JW Marriott Hotel, Hotel Majapahit, Ciputra World Hotel, Paragon Hotel & Apartment dan Shangri-La Hotel.

Dwita Puspa dan Diza Faiqotus di dampingi seorang panitia dari SPP melayani registrasi 80 seller, sedangkan Meily Chandra dan Andi Ira Issah membantu Henny Octarini melayani registrasi 115 buyer. Mahasiswa Akpar Majapahit itu ditempatkan panitia Travex MTF 2016 bertugas di bagian Administrasi.

Di bagian Logistik, tiga mahasiswa Akpar Majapahit yang lainnya yakni Eka Yuliany Kurniawati, Adinda Anastasia dan Anis Roliana Putri bahu membahu dengan Ambar, anggota panitia Travex MTF 2016. Mereka menyiapkan tetek bengek kebutuhan acara Travex mulai formulir, goodie bag, transportasi, dokumentasi hingga konsumsi peserta maupun panitia.

Keterlibatan mahasiswa D3 UPW Akpar Majapahit dalam acara Travex di ajang MTF merupakan kali ketiga sejak dosen luar biasa Akpar Majapahit Drs Gatot Harjoso dipercaya meng-handle acara Travex sejak 2014 lalu oleh Disbudpar Provinsi Jatim.

Gatot Harjoso yang juga Direktur Operasi PT Sagem Panca Pratama (SPP) mengatakan, sejak tiga tahun terakhir acara Travex dalam ajang MTF diserahkan kepada PT Sagem Panca Pratama (SPP) sebagai event organizer (EO)-nya.  Karena itu pihaknya selalu melibatkan mahasiswa Akpar Majapahit selama acara Travex-nya.

PT SPP ini merupakan konsorsium sembilan tour & travel agencies (BPW) yang terdiri dari Jawa Holiday Tour, Monas Tour, Vivo Tour, Smart Tour, Jaya Tour, GIC Tour, Aneka Kartika Tour, Ridy Indonesia Tour dan Fiesta Buana Tour.

Selama acara tersebut, mahasiswa dibekali dengan ID Card, seragam t-shirt panitia, spanduk bertuliskan Delegate Travex MTF 2016 dan Welcome to Surabaya Delegate Travex MTF 2016 hingga formulir registrasi di meja Information Center  Terminal 2 Bandara International Juanda.

”Saya  senantiasa me-wanti wanti agar mahasiswa selalu mengikuti Standar Operation Procedure (SOP) baik ketika menjemput, mengantar maupun melayani tamu di hotel seperti senyum dan sapa. Nomor telpon sesama anggota panitia maupun sopir bus dan sopir mobil penjemput juga Anda catat demi kelancaran tugas Anda di lapangan dan menjaga nama baik institusi kampus,” kata Gatot yang juga dosen Technic Guiding dan Leadership Akpar Majapahit itu.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar