twitter

Minggu, 31 Januari 2016

Kenalkan Kuliner Internasional Berbahan Impor




Kebutuhan profesional kuliner dalam dunia pendidikan terus berkembang dan selalu menumbuhkan persaingan. Untuk menjembatani hal tersebut Akademi Pariwisata Majapahit mengembangkan pendidikan kuliner dengan program “Showmanships” yang lebih komunikatif. Nah, salah satu bentuk Showmanships yang diaplikasikan dalam materi perkuliahan kuliner kali ini adalah Pengolahan Makanan Amerika. Bersama Chef Ari Purwantoro, S.St.Par,M.M  dan team dosen kuliner (Chef Yanuar & Chef Della) mendemokan menu Steak BBQ.


           Program showmanships yang diterapkan kali pertama di Akademi Pariwisata Majapahit pada awal tahun 2016 ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Dimana mahasiswa Akademi Pariwisata Majapahit yang mengikuti praktek kuliner dapat menyaksikan langsung cooking demo yang menghadirkan Chef Profesional dibidangnya yang dilakukan secara rutin sesuai dengan materi perkuliahan, sehingga mahasiswa mendapatkan tambahan ilmu dari trend kuliner yang berkembang.

"Dunia kuliner semakin berkembang pesat. Karena itu, kegiatan showmanships ini diselenggarakan untuk memotivasi sekaligus mengedukasi mahasiswa tentang bagaimana sistem kerja yang benar dan berkualitas, karena dalam memasak itu ada aturan-aturan baku yang tidak bisa asal-asalan" ujar Chef Ari Purwantoro, S.St.Par,M.M.

Sistem belajar dengan program showmanships ini berlangsung kurang lebih selama empat jam dengan menyimak dan memperhatikan penjelasan serta cara kerja dari chef ahli. Selain itu penggunaan bahan baku dan pendamping yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan dan berstandar nasional ataupun internasional.

Dalam kesempatan tersebut, Chef Ari Purwantoro, S.St.Par,MM, Chef Yanuar Kadaryanto, A.Md.Par, SE, MM dan Chef Adeline Nadia Daniel mendemokan pembuatan sajian Steak BBQ. Perlu diketahui menu western yang satu ini dibuat dari potongan besar daging yang di-grilled dan disajikan bersama kentang dan sayuran. Penasaran, bagaimana para chef profesional ini meracik kelezatan steak-nya?

Wow, para chef ini mengajak mahasiswa mengenal pembuatan steak dengan menggunakan bahan baku daging impor. Mengapa demikian? “Tidak semua jenis daging bisa diolah menjadi steak. Kita menjelaskan pemilihan daging impor, khususnya ‘lamb’ (daging domba muda impor) karena tekstur dagingnya lebih lembut sehingga cocok dibuat steak” jelas Chef Ari.

Ia juga menjelaskan alasan pemilihan bahan baku daging impor karena dalam memasak steak tidak memerlukan waktu yang terlalu lama, sehingga dagingnya harus mudah empuk dan mudah diolah. Tidak hanya itu, mahasiswa juga harus mengetahui bagaimana tingkat kematangan daging steak yang diinginkan, mulai dari rare (agak mentah), medium rare (setengah matang), medium (matang sedang) hingga welldone (matang).

Keasyikan kegiatan showmanships dalam pembuatan steak BBQ dengan menggunakan daging impor ini juga dirasakan oleh semua mahasiswa. Mereka selain mendengarkan apa yang disampaikan oleh para chef, para mahasiswa diajak aktif mengikuti memasak steak seperti dalam hal bagaimana mem-plating steak BBQ ala Amerika yang dikombinasikan dengan baby potato yang di-saute dengan beberapa herbs dan disajikan dengan fresh salad.
“Praktik demo cooking ini sangat menyenangkan. Kita banyak tahu, bagaimana memasak steak yang benar. Mulai dari pemilihan bahan, teknik memotong hingga teknik memasaknya,” ungkap Albert Limanhadi, salah satu mahasiswa kuliner.

 Nah, apabila berminat untuk menjadi salah satu chef profesional maka tidak ada salahnya gabung dan rasakan kenyamanan belajar di kampus Akademi Pariwisata Majapahit. Ada banyak program-program kuliner menarik yang bisa diikuti melalui kegiatan showmanships seperti ini dengan tema-tema yang berbeda. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

Tidak ada komentar:

Posting Komentar