twitter

Jumat, 12 November 2010

Praktek Memasak Chinesse Food - Menu Resto - S1 International Culinary Business



S1 International Culinary Business

Sajian Chinese food terbilang sederhana dan begitu mudah dijumpai dibanyak resto. Tapi apa yang membuat masakan Cina ini begitu lezat dan digemari? Yuk ketahui saat mahasiswa kuliner ‘S1 International Culinary Business’ praktik materi kuliah Chinese Food.

Bertempat di kampus IEU yang ada dikawasan Jl. Raya Dukuh Kupang No. 157B Surabaya, pemandangan kesibukan bak seorang chef ini cukup menarik diikuti. Mahasiswa tampak asyik praktik membuat beberapa sajian Chinese food yang namanya sudah tidak asing, namun dengan penyajian lebih menarik.
Bersama instruktur Chef Yuda dan Chef Della, mahasiswa diajak mengenal seni kuliner Cina yang kaya akan citarasa. Dimulai dengan teori pengenalan dan penjelasan mengenai bahan serta jenis masakan yang akan diolah, lalu mahasiswa mempersiapkan bahan-bahan termasuk cara memotong bahan dan mulai mempraktikkan teknik masakan. Praktik pun siap dimulai.


Nah, menu yang dipraktikan kali ini adalah Angsio Tofu, Sapo Tofu, Beef Charsiu, Charsiu Pork, Chicken Congee with Century Egg, Chicken Dumplings, Steam Garoupa, Sweet & Sour Chicken, Sweet & Sour Pork, Wonton Soup, dan Yang Chow Fried Rice.

Dalam memasak masakan Cina, kelezatan masakan musti diperhatikan. Bumbu yang aromatik, masakan Cina banyak memakai bawang putih, jahe dan aneka saus (saus tiram, saus hoisin, arak masak, kecap asin, dsb). Selain menambah kelezatan, saus juga mempermudah proses memasak. Jangan kaget saat memperhatikan aksi chef memasak dengan mengangkat dan menurunkan wajan di atas api yang berkobar-kobar? Dalam kuliner Cina, ada teknik masak yang dimasak cepat dengan api besar dan ada juga yang masak sampai dibiarkan berjam-jam diatas api kecil. Disinilah letak seni kulinernya sehingga kelezatan masakan dapat diciptakan.

Tak hanya itu, jangan lupa perhatikan potongan daging dan sayuran yang serasi sangat penting, agar tekstur dan kematangannya terkontrol, sehingga masakan bisa tampil menarik dan membuat orang penasaran untuk mencicipinya.


Penasaran, ingin bisa memasak sajian Chinese Food seperti mahasiswa S1 International Culinary Business ?. Gabung dan pelajari berbagai ilmu kuliner, dimana semua sajian yang telah dipraktikan bisa dijadikan peluang bisnis kuliner yang siap bersaing dipasaran dengan harga yang kompetitif. *Upi


S1 Education Program
“International Culinary Business”

IEU (Indonesian European University)
Surabaya || Jl. Raya Dukuh Kupang No. 157B

Graha Tristar || Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya
Ph. 081233752227 – 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
www.kuliah-sambil-kerja.com
www.tristarculinaryinstitute.com



www.ieu.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar