twitter

Rabu, 11 Maret 2009

Advanced Culinary Class - Belajar Memasak Makanan untuk Diet Rendah Gula.



Memasak makanan sehat (healthy foods) namun lezat ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Chef Nadya Ratri S.Pd, M.Kes selaku dosen kuliner menjelaskan dalam pokok bahasan ‘Indonesian Healthy Food’ ini mahasiswa kelas culinary advanced diajarkan membuat makanan sehat, dan langsung mempraktikkan resep tersebut. Sajian praktek kali ini memiliki spesifikasi, dimana makanan sehat yang disajikan khusus untuk menu diet rendah gula.





Menu Indonesian Healthy Food yang dipilih untuk diajarkan kepada mahasiswa kelas culinary advanced adalah  jenis hidangan Indonesia yang memiliki tingkat kesulitan tidak terlalu tinggi, dan dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Para mahasiswa kelas culinary advanced juga diberi berbagai pengetahuan tentang kandungan nutrisi khusus diet rendah gula dari setiap makanan yang dibuat, termasuk tip dan trik memasaknya.

"Yang paling penting, ketika memasak makanan sehat khusus diet rendah gula ini kita menggunakan bahan masakan yang segar, dan perhatikan pemakaian gula pasir. Sebagai penggantinya bisa menggunakan madu, sirup gula merah, kecap yang sama sekali rendah gula atau didapatkan dari kandungan rasa manis sayuran." tukas Chef Nadia.


Ada empat set menu makanan sehat untuk diet rendah gula yang diajarkan oleh Chef Nadya, antara lain:

Set Menu 1.
·         Nasi Merah
·         Kakap Bumbu Woku
·         Kacang Panjang Cabai Bawang
·         Sate Pentul Tahu

Set Menu 2.
·         Nasi Putih
·         Sambal Goreng Telur
·         Oseng Labu Siam
·         Bola-Bola Tempe
Set Menu 3.
·         Nasi Merah
·         Udang Cabai Hijau
·         Sayur Terong Pedas
·         Pepes Tahu

Set Menu 4.
·         Nasi Putih
·         Ayam Bumbu Serai
·         Tumis Paria Udang
·         Sate Tempe


Ia juga menjelaskan, bahwa menu rendah gula ini umumnya dikonsumsi oleh penderita diabetes, sehingga banyak sekali aturan yang musti diperhatikan. Misalnya pemakaian nasi putih bisa diganti nasi merah yang kandungan gulanya lebih rendah, lalu batas takaran gula pasir dalam sehari maksimal 1 sendok makan, wah… pasti membuat makanan sehat untuk diet rendah gula ini cukup ribet tapi mengasyikan.



Tertarik ingin belajar beberapa makanan sehat untuk yang melakukan diet, seperti dengan dosis lemak yang sedikit atau kandungan kalori rendah untuk tubuh, semua itu akan dibahas oleh Chef Nadya dimateri  Indonesian Healthy Food selanjutnya. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit
Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
Fax. (031) 8432050

Tidak ada komentar:

Posting Komentar