twitter

Selasa, 03 Februari 2009

Sekolah Kuliner dan Patiseri di Kota Wisata Batu

Kemeriahan Soft Opening Tristar Institute Kota Wisata Batu


Bertempat dihalaman kampus Tristar Institute Kota Wisata Batu yang luas dan sejuk, kemewahan gala dinner langsung tertangkap sedari memasuki pintu gerbang. Semilir angin dari hembusan pepohonan yang rindang dan hijau serta beberapa photo booth menjadi daya tarik tersendiri.

Photo Booth

Photo Booth

Banyak hal yang bisa dinikmati pada acara malam itu dalam balutan atmosfer keaslian alam, acara gala dinner layaknya ‘Garden Party’ ini menyajikan banyak keistimewaan. Mulai dari musik, atraksi juggling, demo mixology minuman tradisional, demo masak dengan sentuhan Molecular Gastronomy hingga sajian bumbu jangkep yang membawa suasana bertambah meriah.


Aluanan suara gending gamelan Jawa senantiasa mengiringi setiap prosesi. Bersama Hendrik Adrianus, S.E, M.Par, acara gala dinner pada soft opening Tristar Institute Kota Wisata Batu ini dibuatnya begitu menarik.

Sebagai pembuka, aksi juggling demonstration, Oleh Aditya, S.St.Par terlihat lincah menangkap botol yang dilempar ke udara. Sesekali, botol diputar ke udara dan ditangkap dengan gerakan tubuh memutar. Makin seru ketika permainan botol diberi api (fire juggling). atraksi ini mengundang perhatian. wow, menarik !


Berlanjut dengan kepiawaian dosen Agus Jaya M, A.Md.Par dalam meracik minuman tradisional bertajuk Mixology dengan membuat minuman Bir Sultan.  Bir Jawa yang tidak memabukan dan bercitarasa rempah. Ada, kapulaga serutan kayu secang, jahe, daun serai, daun jeruk, jeruk nipis, dan gula pasir, begitu mendominasi komposisi bir Sultan. Bahan ini direbus menghasilkan warna merah. Setelah itu, saring hingga ampas tertinggal dan dinginkan untuk dikocok dan tuang di gelas. Nah, agar tampilan minuman bir tampil bening, tambahkan air soda. Wow, keren!


Tak kalah menarik, aksi demo yang dilakukan mahasiswi pastry advanced, yakni Dilla dan Shiva memperlihatkan kebolehannya membuat “Mix Cake Berry Entremet”. Sajian entremet dalam masakan Perancis modern berupa sebuah hidangan makanan kecil yang disajikan sebagai dessert memiliki tampilan yang cantik dan citarasanya lembut.
Dilanjutkan aksi oleh dan Jeansye menunjukan “Deconstructed alinea” dengan sentuhan molecular gastronomy. Bola coklat diisi dengan aneka sponge cake, brownies, buah kering, dan biskuit, lalu dituangi nitrogen cair dan dipecahkan diatas meja. Wah seru !

Acara berlanjut dengan demo masak oleh Chef R. Bagus Handoko, S.Pd, M.Par yang mengangkat masakan Indonesia Authentic bertema Bumbu Jangkep Indonesia. Disini bumbu-bumbu dibagi, bumbu dasar putih (untuk sayur lodeh, soto betawi, opor ayam), bumbu dasar merah (untuk rendang, krengsengan), bumbu dasar kuning (untuk soto ayam lamongan, kare, pepes) dan bumbu dasar oranye (untuk gulai, rawon). Sambil memasak, Chef Bagus juga mengajak para undangan joget dan bernyanyi. Wah, mantap !



 Sambil melihat aksi demo, para undang disuguhi jamuan makan dan minum, mulai welcome drink (minuman tradisional: es sereh, beras kencur, kunyit asam, daun mint dan susu), food truck menyajikan makanan kecil seperti mendoan mercon, sego ijo, BBQ canapé, dan ropis bakar, lanjut ke angkringan jajan pasar, ronde angsle, sate ayam, gado-gado, menu vegan Indonesia, tahu bumbu, tahu campur, nasi kucing padang, bakso, dim sum, sweet corner (assorted choux pastry, pudding, pai & cake) dan menu buffet (aneka nasi goreng, sup asparagus, capcay, ikan saus mangga, galantine) hasil kreasi mahasiswa.


Foodtruck
Acara makin meriah ketika alunan lagu bergenre latin berjudul Pepito mi corazón dinyanyikan oleh owner Tristar Institute Ir. Juwono Saroso, M.M, membawa suasana gala dinner makin hangat. Tak terasa kemeriahan acara gala dinner pun berakhir dan ditutup dengan bagi-bagi hadiah doorprize.

Ir. Juwono Saroso, M.M, bernyanyi Pepito

Acara Bagi-Bagi Doorprize



Sebuah destinasi kemewahan akan tempat belajar mengajar yang sarat nuansa alam dan budaya. Apakah Anda salah satu dari sekian yang memiliki passion untuk terjun di dunia kuliner? Tristar Institute Kota Wisata Batu yang berada di Jl. Bukit Berbunga No. 10 dapat menjadi langkah awal mewujudkannya. *Upi





Untuk mengetahui tempat pendidikan kuliner yang tepat buat kamu di Kota Batu, silahkan hubungi :

Tristar Institute Kota Wisata Batu
 Kota Batu || Jl. Bukit Berbunga No. 10 - 12

Graha Tristar || Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya
Ph. 081233752227 – 081357866283 – 081234506326  
BB Pin. 2A1CE131 – 2B517ECB - 53B4EFD8



Fax. (031) 8432050

Tidak ada komentar:

Posting Komentar